Jokowi Sulap Pemukiman Kumuh

Jokowi Sulap Pemukiman Kumuh

Kabar Terkini – Jakarta – kota yang punya kesan yang sempit, panas atau kumuh pun sering kali muncul pada saat kita mulai berbicara tentang pemukiman padat yang ada di DKI Jakarta, dan salah satunya ada di Tanah Tinggi I, Johar Baru, Jakarta Pusat. Tapi semua itu dulu, sekarang telah disulap oleh Jokowi jadi kampung deret.

Rumah yang ditempati ataupun lapak warung sekarang sudah tidak tampak lagi. Bilik triplek yang dulunya menyesaki jalan saat ini sudah hilang dari RT 014 RW o1 ini. Yang ada saat ini adalah rumah permanen yang memiliki asbes dan berderet dari sisi kiri dengan car warna hijau muda.

Tidak ada dari bilik triplek yang punya alas kardus karena semuanya sudah diganti dengan taman selebar kurang dari satu meter pada sepanjang sisi kanan jalan. Taman itu ditumbuhi oleh tanaman pucuk merah, cemara hias serta tanaman yang merambat misalnya sirih. Pada tembok pembatas digantung dengan tanaman sejenis paku.

pada teras setiap rumah tergantung sirih gading dan juga ada beberapa pot ditanamkan dengan tanaman palem juga ikut diletakkan berada depan rumah mereka. Dengan adanya tanaman itu, rumah terasa lebih sejuk dan lebih teras asri pada saat berada di kampong deret bila dibandingkan dengan dulu sebagai kampung pemukiman yang kumuh. Tanaman trsebut semuanya berasal dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Kampung deret yang berada di Tanah Tinggi adalah salah satu contoh dari Jokowi mengenai program bedah kampung. Proses pembangunan rumah itu membutuhkan waktu kurang lebih sekitar tiga bulan, dari mei sampai agustus.

Selama proses pembangunan sedang berlangsung, banyak warga yang mengungsi kerumah saudara, kontrak atau ada yang hanya tinggal di lapak depan rumah yag sedang dibangun.

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Jokowi Sulap Pemukiman Kumuh Politik - 918 kali dilihat 5.0 out of 5.